PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOSI DAN DAMPAKNYA KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAWANGWANGI CREATIVE SPACE BANDUNG
Main Author: | Dwitiyas, Nandajeng |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/23036 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari adanya pengaruh Store Atmosphere terhadap Emosi pada pengunjung Lawangwangi Creative Space dan pengaruh Emosi terhadap Keputusan Pembelian pada pengunjung Lawangwangi Creative Space. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Store Atmosphere, Emosi, dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan desain survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan systematic sampling dengan 75 orang yang dijadikan sebagai responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara untuk memperoleh gambaran mengenai Store Atmosphere, Emosi, dan Keputusan Pembelian serta data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Teknik analasis data yang digunakan adalah Simple Equation Model (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan yang didapat dari analisis SEM-PLS menunjukkan terdapat pengaruh Store Atmosphere terhadap Emosi pada pengunjung Lawangwangi Creative Space secara bersama-sama dan terdapat pengaruh Emosi terhadap Keputusan Pembelian pada pengunjung Lawangwangi Creative Space secara bersama-sama. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai GoF sebesar 0,708 lebih besar dari 0,36 sehingga dikategorikan sebagai GoF besar, artinya bahwa model tersebut sangat baik atau dalam kata lain Store Atmosphere memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan Emosi dan Emosi memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar Lawangwangi Creative Space Bandung melalukan maintanance atau premajaan pada fasilitas yang ada untuk menambah kenyamanan pengunjung dan melalukan perubahan layout toko secara berkala agar pengunjung tidak merasa bosan. Lalu sebagai resto yang memiliki kelebihan galeri seni, Lawangwangi Creative Space Bandung dapat memperkuat konsep art space yang ada dan melakukakn publikasi untuk menarik konsumen. Penciptaan emosi yang baik dari suasana toko dapat meningkatkan keputusan pembelian pengunjung.