ANALISIS PEMASARAN INTERNASIONAL PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG

Main Author: T, Herco Avior H
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22984
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana pemasaran internasional yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengujian kredibilitas data yang menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan informan penelitian. Informan penelitian diambil dari informan kunci yaitu Direktur Utama dan Sekretaris Saung Angklung Udjo Bandung, informan utama yaitu pegawai Saung Angklung Udjo Bandung dan informan tambahan yaitu konsumen dari Saung Angklung Udjo Badung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Saung Angklung Udjo telah melakukan pemasaran internasional dengan baik dilihat dari produk budaya khas Sunda yaitu alat musik Angklung dan Seni Pertunjukan yang dipromosikan ke pasar internasional melalui beberapa media seperti : media website dan media sosial (facebook dan twitter), serta menjalin hubungan baik dengan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dan Komunitas Seni dan Budaya yang berada di luar negeri sebagai media promosi yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo. Saran bagi penelitian ini adalah adanya garansi dalam alat musik Angklung karena dengan memberikan garansi dapat meningkatkan rasa kepercayaan kepada para konsumen dan pemberlakuan pemain cadangan dalam Seni Pertunjukan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan pemain yang dikarenakan terlambatnya visa yang diberikan oleh pihak imigrasi.