PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY TOYOTA (Studi pada komunitas Toyota Yaris Club Indonesia Chapter Bandung)

Main Author: Leony, Nanda
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22919
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memahami, mengetahui, dan menganalisis pengaruh brand community terhadap brand loyalty toyota pada komunitas Toyota Yaris Club Indonesia chapter Bandung. Toyota Astra Motor (TAM) merasa, bahwa dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, brand loyalty terhadap merek Toyota akan terbangun dengan sendirinya. hal inilah yang mendasari TAM untuk mulai mengelola komunitas untuk membangun brand community dalam komunitas, salah satunya adalah komunitas Toyota Yaris Club Indonesia chapter Bandung yang menjadi lokasi dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh, yang merupakan seluruh populasi dari anggota aktif komunitas sebanyak 34 orang. Objek penelitian yang diteliti yaitu brand community dan brand loyalty. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari brand community terhadap brand loyalty toyota pada komunitas Toyota Yaris Club Indonesia chapter Bandung. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil: t hitung (5,315) > t tabel (1,69). Saran bagi komunitas Toyota Yaris Club Indonesia chapter Bandung adalah, untuk lebih meningkatkan eksistensinya, dengan mengadakan kegiatan positif seputar kegiatan otomotif, dan terus pemperbaharui informasi seputar komunitas dan produk dari merek Toyota melalui website komunitas. Agar para anggota baru komunitas, bisa mendapatkan informasi yang sama dengan anggota komunitas lama.