Analisis Kepuasan Pelanggan Dilihat Dari Perspektif Harga Dan Kualitas Produk (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Jatinangor, Sumedang)
Main Author: | Yudesra, Defrin |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22913 |
Daftar Isi:
- Kepuasan pelanggan semakin sulit dipenuhi karena kebutuhan dan keinginan manusia semakin kompleks. Pengaruh dari kemajuan teknologi dan informasi telah merubah selera pasar pada umumnya. Pelanggan mengharapkan nilai tambah dalam setiap aktivitas konsumsi yang mereka lakukan. Apabila sebuah perusahaan dapat memberikan produk atau jasanya yang berkualitas baik, maka perusahaan mampu memenuhi harapan pelanggan dan memberikan nilai tambah yang maksimal, serta menciptakan kepuasan bagi pelanggan dibanding kompetitor-kompetitor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Waroeng Spesial Sambal Jatinangor Jl. Kol. Ahmad Syam no.48, Desa Sayang, Sumedang. Dalam penelitian ini yang merupakan variabel bebas adalah harga, kualitas produk dan kualitas layanan serta variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel diilakukan dengan teknik systematic sampling dimana teknik penentuan sampel didasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Jumlah sampel ditentukan menggunakan iterasi sebanyak 63 responden. Objek penelitian yang diteliti yaitu harga, kualitas produk, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan secara stimultan pada variabel harga, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu didapatkan informasi bahwa variabel kualitas produk menjadi variabel yang memiliki peran besar dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Waroeng Spesial Sambal Jatinangor.