ANALISIS OPTIMALISASI PELAYANAN KASIR MENGGUNAKAN METODE SISTEM ANTRIAN PADA SWALAYAN TIP TOP PONDOK BAMBU JAKARTA

Main Author: Sharfina, Hasyyati
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22874
Daftar Isi:
  • Konsumen adalah hal utama dalam suatu perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan dalam bidang perdagangan yaitu swalayan. Skripsi ini berjudul: “Analisis Optimalisasi Pelayanan Kasir Menggunakan Metode Sistem Antrian pada Swalayan Tip Top Pondok Bambu Jakarta”. Bertujuan untuk menguraikan penggunaan model antrian yang dapat membantu pihak swalayan dalam mengevaluasi dan merancang sistem operasional pelayanan. Objek penulisan ini adalah adalah pelayanan kasir. Indikator dari variabel ini adalah metode antrian yang pada pelaksanaannya terjadi di Swalayan Tip Top Pondok Bambu. Sedangkan unit analisis penelitian yang diambil adalah jumlah kedatangan konsumen pada seluruh proses transaksi yang dilakukan kasir. Dari hasil perhitungan dengan model multi channel-single phase diperoleh bahwa jam sibuk kasir adalah pada awal bulan dan akhir bulan. Pada periode waktu tersebut rata-rata konsumen yang menunggu 4,175 konsumen dengan waktu rata-rata menunggu dalam sistem 8,757 menit. Masalah kinerja sistem antrian adalah pada tidak seimbangnya antara jumlah kedatangan konsumen dan fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh Swalayan Tip Top Pondok Bambu. Hasil perhitungan penulis dengan melakukan penambahan dua kasir diperoleh berkurangnya panjang konsumen rata-rata dalam menunggu sebanyak empat orang menjadi tiga konsumen dan lamanya waktu menunggu konsumen. Untuk menjaga keefektifan penggunaan kapasitas, maka penambahan kasir sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga optimalisasi pelayanan kasir Swalayan Tip Top Pondok Bambu dapat tercapai. Konsumen adalah hal utama dalam suatu perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan dalam bidang perdagangan yaitu swalayan. Skripsi ini berjudul: “Analisis Optimalisasi Pelayanan Kasir Menggunakan Metode Sistem Antrian pada Swalayan Tip Top Pondok Bambu Jakarta”. Bertujuan untuk menguraikan penggunaan model antrian yang dapat membantu pihak swalayan dalam mengevaluasi dan merancang sistem operasional pelayanan. Objek penulisan ini adalah adalah pelayanan kasir. Indikator dari variabel ini adalah metode antrian yang pada pelaksanaannya terjadi di Swalayan Tip Top Pondok Bambu. Sedangkan unit analisis penelitian yang diambil adalah jumlah kedatangan konsumen pada seluruh proses transaksi yang dilakukan kasir. Dari hasil perhitungan dengan model multi channel-single phase diperoleh bahwa jam sibuk kasir adalah pada awal bulan dan akhir bulan. Pada periode waktu tersebut rata-rata konsumen yang menunggu 4,175 konsumen dengan waktu rata-rata menunggu dalam sistem 8,757 menit. Masalah kinerja sistem antrian adalah pada tidak seimbangnya antara jumlah kedatangan konsumen dan fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh Swalayan Tip Top Pondok Bambu. Hasil perhitungan penulis dengan melakukan penambahan dua kasir diperoleh berkurangnya panjang konsumen rata-rata dalam menunggu sebanyak empat orang menjadi tiga konsumen dan lamanya waktu menunggu konsumen. Untuk menjaga keefektifan penggunaan kapasitas, maka penambahan kasir sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga optimalisasi pelayanan kasir Swalayan Tip Top Pondok Bambu dapat tercapai.