PENGARUH ETIKA PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT FAST FOOD INDONESIA (Studi Kasus Strategi Stealth Marketing pada Produk Combo Star)
Main Author: | Sari, Siti Mariam Kencana |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22756 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari tentang penerapan etika pemasaran dalam strategi stealth marketing di KFC Indonesia pada produk kombo star, keputusan pembelian produk combo star, dan pengaruh etika pemasaran terhadap keputusan pembelian produk combo star dalam strategi stealth marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif verivikatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan perhitungan sampling iterasi dimana jumlah sampel minimal yang harus diambil dalam penelitian ini adalah 63 orang konsumen KFC Gelael Jakarta yang pernah membeli produk combo star dan dijadikan sebagai responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara serta data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Metode analisis data yang digunakan penulis untuk membuktikan hipotesis adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan obeservasi yang dilakukan dapat penulis simpulkan bahwa penerapan etika pemasaran produk combo star dalam strategi stealth marketing pada konsumen KFC Gelael Jakarta dianggap belum baik, keputusan pembelian pada produk combo star dalam strategi stealth marketing dianggap masih rendah dan analisis yang didapat dari perhitungan analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai sebesar Y= 10,353 + 0,774X, persamaan tersebut artinya setiap peningkatan 1 skor variabel etika pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan variabel keputusan pembelian sebesar 0,774 skor. Koefisien korelasi pearson sebesar 0,799 yang menunjukan adanya hubungan yang kuat antara etika pemasaran dan keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,638 yang berarti keputusan pembelian 63,8% dipengaruhi oleh etika pemasaran dan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Pengaruh etika pemasaran(X) terhadap keputusan pembelian(Y) sebesar 63,8% berada dalam kategori tinggi/kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari etika pemasaran terhadap keputusan pembelian pada produk combo star dalam strategi stealth marketing pada konsumen KFC Gelael Jakarta pada tingkat yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan PT Fast Food Indonesia selaku pemilik tunggal waralaba KFC Indonesia dapat meningkatkan pelayanan melalui pemberian informasi mengenai produk combo star, melakukan tanggapan yang lebih baik lagi dalam mengantisipasi kekecewaan yang telah terjadi dan perusahaan perlu menguatkan lagi dimana target dari produk ini adalah remaja seperti membuat komunitas musik KFC Indonesia.