ANALISIS TAHAPAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA PT MULTI GARMEN JAYA

Main Author: Siagian, Daniel Fajar
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22670
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa “tahapan-tahapan pengembangan produk” pada PT Multi Garmen Jaya. Pengembangan produk dilakukan untuk menjawab tantangan pasar dimana begitu kompleksnya perubahan produk serta perubahan selera konsumen.Data yang digunakan diperoleh dari hasil observasi pada perusahaan, wawancara mendalam dengan karyawan, dimana informan penelitian adalah bagian merketing dan divisi R&D dan studi kepustakaan mengenai pengembangan produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena menggambarkan tahapan-tahapan pengembangan produk pada PT Multi Garmen Jaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Multi Garmen Jaya telah melakukan pengembangan produk secara sistematis dengan pembagian kerja yang sangat terstruktur antara bagian marketing dengan divisi R&D. PT Multi Garmen Jaya secara kontiniu melakukan pengembangan produk sebanyak 20 artikel/model per bulannya. Dimana pengembangan produk pada PT Multi Garmen Jaya menitik beratkan kepada pengembangan dari segi bahan serta pola kemeja. Pembagian segmen pasar melalui pembagian dari segi bahan dan pola yang dilakukan perusahaan merupakan pertimbangan utama dalam memperluas pangsa pasar.Untuk menghadapi semakin kompleksnya persaingan produk-produk baru, PT Multi Garmen Jaya harus bisa merespon segala perubahan. Melalui pengembangan model serta bahan yang berkualitas maka perusahaan dapat memenangkan persaingan dengan para kompetitor.Kata Kunci: tahapan pengembangan produk