Pengaruh Rebranding PT.Kereta Api Indonesia (Persero) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Konsumen Stasiun Besar Daerah Operasi II Bandung)

Main Author: Okanino, Rd Wasdika
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22648
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara rebranding yang dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap loyalitas pelanggan di Stasiun Besar Daerah Operasi II Bandung. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriftif dan verifikatif yang bertujuan untuk menguraikan sesuatu (siapa, apa, dimana, kapan, bagaimana, dan berapa banyak). Pengumpulan data menggunakan metode survey terhadap 100 orang sampel dari data populasi penumpang Stasiun Besar Bandung berjumlah 403.369 orang penumpang pada tahun Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis koefisien regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap rebranding PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Dari hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh rebranding terhadap loyalitas konsumen dari PT.Kereta Api Indonesia (Persero). Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel rebranding (X) yang memiliki 5 dimensi yaitu memilih ulang sebuah merek (X1), membuat ulang brand awareness (X2), memposisikan ulang merek (X3), menciptakan ulang brand image (X4), dan membuat ulang kepercayaan (X5) memiliki pengaruh terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y) sebesar 22.1%, sedangkan sisanya yaitu 77.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya. Dari hasil diatas peneliti memiliki saran bahwa PT. Kereta Api (Indonesia) harus berupaya membangun kepercayaan pelanggan terhadap perubahan brand-nya dengan secara bertahap meningkatkan kualitas pelayanannya. Dengan pembuktian nyata dari nilai-nilai rebranding yang dilakukan agar tidak kehilangan kesetiaan pelanggannya yang dalam penelitian ini dalam kategori sedang. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebaiknya mengkomunikasikan inovasi-inovasi layanan melalui media-media komunikasi publik, agar meningkatkan pengetahuan pelanggan terhadap inovasi layanan perusahaan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah gunakan variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya.