ANALISIS PELAKSANAAN PENGADAAN KARYAWAN PADA DIVISI MARKETING DI PT. WAHANA OTTOMITRA MULTIARTHA, TBK. (STUDI PADA PT. WAHANA OTTOMITRA MULTIARTHA, TBK. KANTOR CABANG SERANG)
Main Author: | Pujianto, Eko Tri |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22559 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperlajari dan mengetahui bagaimana pelaksanaan pengadaan karyawan pada divisi marketing khususnya pada bagian Credit Marketing Officer (CMO) di PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Kantor Cabang Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk memberikan gambaran/dekripsi mengenai pelaksanaan pengadaan karyawan yang terdiri dai proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan bagikaryawan baru yang terpilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi terstruktur, studi dokumen perusahaan dan triangulasi. Sumber data dalam penelitian kali ini diperoleh dari informan kunci dan informan pendukung. Untuk teknik analisisnya dilakukan dengan cara data reduction (mengelompokkan data), data display (menyajikan dan menganalisis data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan atau hasil akhir).Hasil dari penelitian ini dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pengadaan karyawan pada divisi marketing khususnya pada bagian Credit Marketing Officer(CMO) di PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Kantor Cabang Serang yang terdiri dari proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan sudah dila kukan dengan baik. Dalam proses rekrutmen, perusahaan memberikan informasi lowongan pekerjaan kepada pelamar kerja dengan mencantumkan kriteria -kriteria karyawan yang sedang dibutuhkan. Dalam proses seleksi, perusahaan melakukannya dengan objektif tanpa adanya unsur nepotisme yang ditujukan kepada penyeleksi ataupun calon karyawan. Dalam proses penempatan, perusahaan melakukannya dengan berdasarkan pada uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan dengan demikian posisi jabatan tersebut akan didisi oleh karyawan yang tepat atau dengan istilah the right man in the right place.Kata kunci : Pengadaan karyawan (rekrutmen, seleksi, penempatan)