ANALISIS PENGEMBANGAN KARIR PADA KARYAWAN KANTOR PUSAT PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG
Main Author: | Fauzi, Hylman |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22535 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pengembangan karir pada kantor pusat PT. Pos Indonesia Persero Bandung. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deksriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, atau sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipati pasif, studi dokumentasi dan teknik triangulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kasus pada PT. Pos (Persero) Kantor pusat bandung. Kasus yang dimaksud adalah fenomena awal yang ditemukan ketika penulis melakukan wawancara dan pengamatan awal terhadap Vice Presiden.. Narasumber penelitian ini yaitu Vice President,, kepala bagian pengembangan karir, kelapa bagian pengembangan kompetensi, kepala bagian sistem Sumber Daya Manusia ( SDM ), kepala bagian Job Manajement. Hasil dari penelitian ini adalah proses pengembangan karir terdiri dari beberapa tahap yaitu, , (1) Penilaian dan evaluasi, (2) Prestasi kerja, (3) Latar belakang pendidikan,(4) Pelatihan (5) Pengalaman kerja (6) Kesetiaan pada perusahaan. Kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan bahwa proses pengembangan karir telah berjalan dengan cukup baik. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh perusahaan seperti pengawasan terhadap pelaksaan pengembangan karir agar tidak ada pihak yang mengganggu pelaksanaanya, lebih apa adanya dalam memberikan penilaian agar proses pengembangan karir yang didalamnya terdapat komponen-komponen salah satunya penilaian lebih real hasilnya. Saran bagi PT.Pos Indonesia yaitu ada baiknya kerja pegawai tersebut dengan penghargaan yang sewajarnya, sebab adakalanya pegawai sudah bekerja dengan baik namun organisasi tidak mengimbanginya dengan prestasi, lalu Perlunya penyelenggaraan seminarisasi kepada pekerja yang memiliki bawahan dengan tema bagaimana memberikan penilaian kepada bawahan secara objektif sehingga tujuan dari enam hal indikator pengembangan karir sebagai suatu bentuk penilaian dimana terjadi pembeda antara satu karyawan dengan karyawan lainya.