Cyberbullying Media Sosial Facebook (Studi Kasus Pada SMK Pasundan)
Main Author: | Kusmawati, Lela |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22391 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif cyberbullying pada media sosial Facebook pada remaja. motif merupakan suatu penggerak, alasan, atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu. Sedangkan Cyberbullying adalah tindakan perundungan atau merupakan tindakan negatif yang dilakukan seseorang secara terus menerus atau berulang melalui media sosial. Tindakan ini kerap kali menyebabkan korban tidak berdaya, terluka secara fisik maupun mental (Rigby, 2012: 27 dalam Nasrullah 2015: 187). Penelitian ini dilakukan pada SMK Pasundan Jatinangor kelas 10-11 melibatkan satu informan dari setiap kelas dan jurusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka,dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif sosigenis merupakan alasan informan melakukan tindakan cyberbullying di media sosial Facebook, motif sosiogenis tersebut dibantu oleh teori kataris, katarsis sebagai sebuah perilaku atau tindakan karna ego yang merupakan bentuk ekspresi kekesalan seseorang dan diluapkan kepada seseorang dengan cara mengejek atau mengintimidasi orang lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cyberbullying dimaknai oleh pelajar SMK Pasundan Jaainangor sebagai perilaku dan tindakan yang merupakan sebuah bentuk ekspresi kekesalan seseorang dan diluapkan kepada seseorang dengan cara mengejek atau mengintimidasi. Dalam melakuakan cyeberbullying menurut remaja ada beberapa motif mereka melakukan hal tersebut selain dikarenakan oleh faktor emosional mereka. Kata kunci: Cyberbullying, Facebook, Motif Sosiogenis, Katarsis