Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung Tahun 2018
Main Author: | Lestary, Dhea |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/22020 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung Tahun 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya diskriminasi dalam upaya memperolah pelayanan pendidikan di Kota Bandung sehingga menimbulkan pro kontra di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan sistem zonasi dalam PPDB tingkat SMP di Kota Bandung tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, dan wawancara secara langsung kepada Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, sekolah-sekolah negeri dan swasta di Kota Bandung, serta beberapa orang tua peserta didik baru tahun 2018. Penelitian dalam Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Kota Bandung Tahun 2018 dipengaruhi oleh dua aspek yang terdiri dari aspek isi kebijakan (content of policy) dan konteks kebijakan (content of policy). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Kota Bandung Tahun 2018 belum berjalan dengan baik terlihat dari hasil setiap aspek yang dicapai dalam pelaksanaan kebijakan ini belum optimal. Oleh karena itu, perlu adanya konsistensi kebijakan dan evaluasi kebijakan dari pihak pemerintah dalam hal peraturan terkait PPDB demi mewujudkan tujuan dari kebijakan ini.