EFEKTIVITAS PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK OLEH KELURAHAN SADANG SERANG KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG TAHUN 2014

Main Author: P, Rifiandri Utami
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21727
Daftar Isi:
  • Judulpenelitianiniadalah �EfektivitasPenerapanElectronic Government DalamPelayananPublikOlehKelurahanSadangSerangKecamatanCoblong Kota Bandung 2014�.Adapun yang melatarbelakangipenelitianiniadalahbelumefektifnyapenerapanaplikasipelayanane-GovernmentpadaKelurahanSadangSerangpadatahun 2014, kemudianmasyarakatdariKelurahanSadangSerangbelummemahamipengaplikasiandarielectronic government. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganpendekatankualitatif.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahmelaluistudipustakadanstudilapangan yang terdiridariobservasidanwawancara.Penelitianinidilakukan di instansipemerintahterkait, yaituKelurahanSadangSerang Kota Bandung. Berdasarkanhasilpenelitian, KelurahanSadangSerangtelahmenerapkanpelayanandenganelectronic governmentsejaktahun 2014.Namun, penerapaninimasihbelum optimal.Dilihatdaridimensiefisiensidimana data tidakmunculdikarenakanperbaikansistem.Kemudiancakupanaplikasimasihterbatasterutamapadawakildarimasyarakat yang kurangmemahamipenggunaanaplikasiini. Simpulandaripenelitianini, penerapandaripelayananmelaluielectronic governmentbelumefektifdikarenakanketerbatasandarimasyarakatdalampengaplikasianpelayananini yang disebabkankarenapemerintahbelummaksimalmempublikasikanaplikasiini.Untukmemecahkanmasalahtersebut, solusi yang ditawarkanyaitupenerapanelectronic government denganmemperhatikandimensi-dimensi yang terdiriatastransparansi, manfaat, efesiensi, partisipasi, danmanajemen.Diharapkandenganmemperhatikandimensi-dimensi yang telahdisebutkan di atas, pemerintahKelurahanSadangSerangdapatmemperbaikipelayanannyabaiksecaraonline.Terutamamembangunkembalimasyarakat yang sadarakanteknologiagar sistem yang barudapatterusdipertahankandandikembangkan. Kata Kunci :Electronic Government, PelayananPublik