Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang

Main Author: Malik, Ahaddi
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21609
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. Latar belakang penulis dalam melakukan penelitian ini adalah Pemerintah sebagai penyedia pelayanan publik yang berkualitas, sangat ditentukan oleh para aparat yang bekerja didalam organisasi. Sehingga hal yang dapat dilakukan dalam memotivasi para aparat tersebut agar bekerja lebih baik adalah dengan melalui pemberian remunerasi. Sistem remunerasi yang berbasis kompetensi harus mempertimbangkan secara seimbang antara input dan output. Input dalam hal ini adalah bagaimana pegawai dapat mencapai tujuan kinerja, sedangkan output adalah imbalan finansial atau non finansial yang diberikan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan rumus Slovin, sehingga dapat diambil sampel sebanyak 80 pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh remunerasi (x) terhadap kualitas pelayanan publik (Y). Berdasarkan tabel Coefficient, diperoleh nilai thitung untuk Remunerasi (X) sebesar 16,874 sedangkan nilai ttabel untuk N= 80 dengan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1,990. Maka 16,874 > 1,990 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya remunerasi (X) bernilai positif dan memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik (Y) di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian remunerasi kepada pegawai dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini dapat digeneralisasi pada kantor pemerintah lainnya yang bersifat teknis pelayanan dan tidak dapat diterapkan pada kantor pemerintah yang bukan bersifat teknis pelayanan. Kata kunci: Remunerasi dan Kualitas Pelayanan Publik