PENGARUH PERILAKU APARAT BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (STUDI PADA POLI KEBIDANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BEKASI)
Main Author: | Zahara, Raisa Nabila |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21368 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Perilaku Aparat Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah kota Bekasi. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh perilaku aparat birokrasi mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian statistik deskriptif dan statistik inferensial/induktif/probabilitas berupa statistik parametris dengan pendekatan kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di poli kebidanan rumah sakit umum daerah kota Bekasi dari bulan januari sampai juni 2012, yang berjumlah 4560 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus Taro Yamane sampel yang diperoleh sebanyak 99 orang responden. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, dan kuesioner. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan transformasi data ordinal ke interval, analisis koefisiensi korelasi pearson, uji signifikasi korelasi product moment, analisis koefiensi determinasi dan uji regresi. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Perilaku Aparat Birokrasi di RSUD kota Bekasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap terhadap variabel Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD kota Bekasi, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima secara empirik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa perilaku aparat birokrasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit umum daerah kota bekasi. Oleh karena itu perilaku aparat dalam memberikan pelayanan harus lebih ditingkatkan lagi agar kualitas pelayanan yang ada akan tambah lebih baik dari sebelumnya.