KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG KESEHATAN STUDI TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BEKASI

Main Author: Ms, Charles
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21302
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi indikasi permasalahan yang terjadi padapelaksanaan program Jamkemas. Seperti permasalahan pelaksanaan program yangtidak tepat sasaran, masih ada Rumah Sakit yang menolak untuk memberikanpelayanan kepada pasien Jamkesmas, serta masih buruknya kualitas pelayananyang diberikan. Pada temuan peneliti di lapangan, pelaksanaan program ini masihberjalan kurang baik. Seperti seperti belum tepatnya sasaran penerima programJamkesmas, sarana dan prasarana yang masih ala kadarnya, serta sikap pihakpemberi layanan yang kadang-kadang lebih mengutamakan pasien non-Jamkesmas. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti kualitas pelayanan publik dibidang kesehatan pada pelaksanaan program Jamkesmas di Rumah Sakit UmumDaerah Kota Bekasi.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatankuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka,observasi, serta kuisioner kepada peserta program Jamkesmas denganmenggunakan metode probability sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan indikator kualitaspelayanan yaitu, bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empatimaka kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan pada pelaksanaan programJamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi secara umummenunjukkan hasil yang kurang baik.Peneliti mengajukan saran agar pihak RSUD Kota Bekasi merevitalisasifasilitas yang disediakan bagi peserta program Jamkesmas dengan menambahjumlah loket pendaftaran dan memperbesar instalasi farmasi. Pihak manajemenRSUD ada baiknya mengadakan inspeksi pada penanganan pasien Jamkesmas,mengevaluasi kinerja tenaga kesehatan, meningkatkan mutu tenaga kesehatanmelalui pendidikan atau pelatihan secara berkala dan berkesinambungan, sertameningkatkan pengawasan terhadap kinerja seluruh pegawai dengan menerapkansistem reward and punishment.Kata kunci: kualitas pelayanan publik, Jamkesmas.