Manajemen Pelayanan Publik Bidang Kependudukan. Studi Kasus Pelayanan KTP di Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta
Main Author: | Bangun, Yoel S T N |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21296 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini adalah pelayanan publik bidang kependudukan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu dimana dalam melakukan pelayanan publik di bidang kependudukan Kepulauan Seribu belum sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis manajemen pelayanan publik bidang kependudukan di Kabupaten Adminstratif Kepulauan Seribu. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui studi pustaka dan studi lapangan berupa wawancara. Informan diambil melalui teknik purposive. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, dan yang menjadi objek penelitian adalah manajemen pelayanan publik bidang kependudukan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan publik yang dilakukan telah dijalankan. Masih ada kekurangan yang terjadi. Dalam hal perencanaan, masih ada tumpang tindih pekerjaan antara kelurahan dengan Suku Dinas Kabupaten Adminstratif Kepulauan Seribu. Implementasi tidak berjalan optimal karena hasil akhir pelayanan tidak diterima saat itu juga. Masih kurangnya sumber daya manusia di kelurahan dalam memberikan pelayanan serta masih minimnya sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan bidang kependudukan yang mempengaruhi koordinasi. Penyelesaian aktivitas pelayanan juga tergolong tidak tepat waktu mengingat posisi Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berada di Jakarta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pelayanan publik bidang kependudukan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu tidak seluruhnya berjalan dengan baik. Pemerintah Kabupaten Administratif Kepuluan Seribu sebaiknya menyederhanakan tugas antara Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepulauan Seribu dengan Kelurahan, penambahan petugas di kelurahan, meningkatkan sarana dan prasarana di kelurahan dan memindahkan posisi suku dinas ke Kepulauan Seribu untuk meningkatkan kinerja dalam menyelesaikan aktivitas pelayanan.