KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SL BINA KARYA RANCAEKEK

Main Author: Renawati
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/21010
Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul “Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Bina Karya Rancaekek” ini dilatarbelakangi oleh isu bagaimana orang tua dapat memberikan andil dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterlibatan orang tua sebagai wujud kontribusi yang dapat dilakukan dan sebagai wujud adanya kebutuhan orang tua untuk mendukung pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Karya, serta kepala sekolah dan guru. Sedangkan aspek-aspek yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana keterlibatan orang tua dalam hal kebijakan, sumber belajar, kolaborasi, informasi, dukungan, pendidikan, hubungan dan komunikasi sebagai wujud kontribusi dan kebutuhan orang tua untuk mendukung pendidikan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua belum optimal dalam hal pemberian saran dan kritik mengenai layanan pendidikan dan keikutsertaan orang tua pada kelas keterampilan yang diadakan di sekolah, belum semua orang tua secara rutin berkonsultasi dengan guru mengenai bagaimana perkembangan anak disebabkan tidak tersedianya kegiatan yang mewadahi agar orang tua dapat bertemu langsung dengan guru secara rutin. Berdasarkan pertimbangan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua, peneliti membuat rencana tindakan berupa pengadaan layanan konseling di SLB Bina Karya.