Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Lapindo Brantas, Inc dalam Upaya Pengembangan Masyarakat Sekitar Daerah Operasi Perusahaan Melalui Budidaya Lele

Main Author: Elika, Elmaghfira Putri
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/20995
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Lapindo Brantas, Inc Dalam Upaya Pengembangan Masyarakat Sekitar Daerah Operasi Perusahaan Melalui Budidaya Lele”. Penelitian ini menggambarkan dan mendeskripsikan pelaksanaan aktifitas CSR dalam bidang Community Development Budidaya Lele yang dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan CSR Lapindo Brantas, Inc di sekitar daerah operasi perusahaan tepatnya di sumur 3 pada Desa Kalidawir, Tanggulangin. Sidoarjo. Aspek yang dilihat dalam penelitian ini adalah tahapan pelaksanaan program CSR meliputi perencanaan, pelaksanan, monitoring evaluasi. Pelaksanaan CSR yang dilaksanakan oleh Lapindo Brantas, Inc sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap masyarakat di sekitar daerah operasi perusahaan juga menunjang kesejahteraan perekonomian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik snowball sampling meliputi pihak dari Lapindo Brantas, Inc, masyarakat yang ada didalam kegiatan program, informan lainnya yang bersedia memberikan informasi sesuai dengan keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lapindo Brantas, Inc melaksanakan kegiatan CSR melalui kegiatan Community Development Budidaya Lele melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring evaluasi. Dari awal perencanaan pihak Lapindo Brantas, Inc telah berhasil membangun hubungan baik dengan masyarakat. Sehingga perencanaan yang dilakukan secara partisipatif, serta pada pelaksanaannya masyarakat dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik. Adapun tahap monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan, yaitu dengan pendekatan internal serta intenstas pertemuan dengan masyarakat yang cukup sering. Karena masyarakat ikut bertanggungjawab dalam pelaksanaan program, agar pelaksanaan program CSR berjalan dengan baik masyarakat perlu memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program.