PROGRAM KEMITRAAN OLEH PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK BAGI PELAKU UKM INDUSTRI MAKANAN DI KOTA BANDUNG

Main Author: Yahya, Muhammad Yusriza
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/20687
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Program Kemitraan Oleh PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., Bagi Pelaku UKM Industri Makanan di Kota Bandung”. Dalam penelitian ini, penulis berupaya menggambarkan tentang tiga kegiatan utama program kemitraan. PT,Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan usaha kecil menengah. Program kemitraan menjadi wadah bagi PT.Telekomunikasi IndoesiaTbk., untuk menjalankan pola pemberdayaan masyarakat. Kepedulian dan komitmen untuk mendukung pengembangan kualitas hidup masyarakat dalam rangka peningkatan kondisi sosial masyarakat dan lingkungan sekitarnya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat menggambarkan secara jelas tentang program kemitraan yang dilakukan oleh PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., kepada UKM industri makanan di Kota Bandung Hasil penelitian ini akan menggambarkan tentang kegiatan utama program kemitraan oleh PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., Kepada UKM indutri makanan di Kota Bandung. Adapun kegiatan program kemitraan yang dilakukan adalah Penyaluran dana pinjaman untuk membiayai modal kerja dan atau pembelian aktiva tetap dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan. Pembinaan, pendidikan, dan hal-hal yang menyangkut peningkatan produktivitas Mitra Binaan serta untuk pengkajian/pelatihan. Pemasaran, ialah hal-hal yang menyangkut pada kegiatan/promosi atau pameran melalui penyediaan sarana dan prasarana bagi mitra binaan untuk mempromosikan hasil usahanya ke masyarakat. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan, tiga kegiatan utama program kemitraan PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., kepada pelaku UKM industri makanan di Kota Bandung telah dilaksanakan. Ketiga kegiataan utama program kemitraan itu adalah penyaluran dana, pembinaan dan pendidikan, serta bantuan pemasaran. Adapun sejumlah kekurangan terkait dengan kegiatan program kemitraan yang dilakukan PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., kepada UKM industri makanan di Kota Bandung seperti perlunya Pengembangan pelatihan dan pembinaan yang dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Maka tertuang saran untuk kegiatan ini yang disampaikan dalam sebuah Plan of Treatment yang dimuat ke dalam kegiatan “Pengembangan jaringan pemasaran melalui pemanfaatan teknologi informasi guna meningkatkan kualitas pemasaran mitra binaan”.