Diplomasi Budaya Populer (Hallyu 2.0) Korea Selatan melalui Idol Group Boyband (BTS) dalam Mempromosikan Soft Power Korea Selatan Di Indonesia
Main Author: | Pratama, Ricky Caesario |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/20368 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang bagaimana diplomasi budaya populer (Hallyu 2.0) Korea Selatan yang dilaksanakan melalui idol group boyband (BTS) dalam mempromosikan soft power Korea Selatan di Indonesia. BTS menjadi aktor diplomasi budaya populer untuk menyampaikan pesan yang mengandung nilai-nilai positif Korea Selatan melalui karya budaya populernya sehingga menjadi daya tarik agar penggemar di dunia termasuk Indonesia khususnya para remaja secara menarik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, serta menggunakan konsep soft power, soft power currencies, diplomasi budaya populer, dan idol group. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian berbasis internet, penelitian berbasis dokumen, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan diplomasi budaya populer (Hallyu 2.0) Korea Selatan yang dilakukan BTS mengandung nilai-nilai positif Korea Selatan di dalamnya. BTS menunjukkan nilai-nilai positif tersebut kepada khalayak Indonesia khususnya ARMY Indonesia melalui berbagai karya budaya populernya secara menarik baik secara kegiatan langsung yang juga ditunjang melalui tidak langsung. Penerimaan khalayak Indonesia terhadap soft power Korea Selatan mulai tertanam ditunjukkan melalui ketertarikan khalayak Indonesia untuk mengonsumsi berbagai budaya dan memiliki keinginan untuk mengunjungi Korea Selatan.