DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA DALAM INTERNATIONALE TOURISMUS-BӦRSE (ITB) BERLIN 2013 SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK CITRA POSITIF PARIWISATA
Main Author: | Affandie, Raden Prayudi Setia |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19886 |
Daftar Isi:
- Raden Prayudi Setia Affandie. Diplomasi Publik Indonesia dalam Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2013 sebagai upaya membentuk citra positif pariwisata. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, September 2014. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan bagaimana Indonesia memiliki sebuah potensi dalam sektor pariwisata nya. Namun Indonesia membutuhkan strategi promosi pariwisata agar dapat menunjukkan kekuatan dalam sektor pariwisata Indonesia melalui diplomasi publik. Indonesia mendapatkan kesempatan besar untuk menerapkan diplomasi publik nya ketika terpilih menjadi negara mitra resmi Jerman dalam sebuah event pameran pariwisata terbesar di dunia, yaitu Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2013. Didalam event ITB Berlin 2013, Indonesia menerapkan diplomasi publiknya sebagai upaya membentuk citra positif pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif analisis, dimana penelitian ini mengutamakan interpretasi dari peneliti, namun juga melihat interpretasi dari sumber-sumber terkait di dalam penelitian ini. Peneliti akan menjelaskan bagaimana bentuk upaya diplomasi publik Indonesia di dalam ITB Berlin sesuai dengan periode waktu pelaksanaannya yaitu pada tahun 2013. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, studi literatur, dan penelusuran data online. Hasil analisis yang dilakukan peneliti terhadap bentuk diplomasi publik Indonesia dalam Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2013 ini menunjukkan bahwa citra positif berhasil diraih Indonesia, hal ini dapat terlihat melalui banyaknya ulasan media tentang pariwisata Indonesia dan meningkatnya kunjungan wisman ke Indonesia.