Pengaruh CorporateSocial Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Maajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi
Main Author: | Febriyanti |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/1987 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh Corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan hubungan CSR terhadap nilai perusahaan dimoderasi oleh manajemen laba. Pengungkapan CSR dengan indek GRI 3 dan GRI 3.1 digunakan sebagai proksi tingkat aktivitas CSR, rasio Tobin’s Q digunakan sebagai proksi nilai perusahaan, dan discretionary accruals by The Modified Jones model digunakan sebagai proksi manajemen laba. Sample yang digunakan terdiri dari 10 perusahaan yang memenangkan Indonesian Sustainability Reporting Award tahun 2008-2013 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2012.Analisa yang digunakan menggunakan regresi berganda untuk hipotesis 1 dan regresi berganda dengan moderasi untuk hipotesis 2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CSR berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Analisa dengan variabel moderasi menunjukan bahwa manajemen laba memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan dan memiliki efek negatif tidak signifikan.