Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Chevron Pacific Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Kecamatan Minas, Pekanbaru, Riau

Main Author: Nanda, Catur Olprima
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19764
Daftar Isi:
  • Catur Olprima Nanda. 170210080163. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Chevron Pacific Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Kecamatan Minas, Pekanbaru, Riau. Bandung: Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan Corporate SocialRresponsibility (CSR) PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) di bidang pendidikan dan kesehatan di Kecamatan Minas, Pekanbaru, Riau, dengan menggunakan teori Neoliberalisme dan hubungan transnasional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan wawancara, studi kepustakaan dan studi lapangan di PT. CPI Kecamatan Minas. Hasil penelitian yang didapat ialah pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh PT. CPI di bidang pendidikan dan kesehatan di Kecamatan Minas. Dalam hubungan transnasionalnya dengan negara penerima dan masyarakat setempat PT. CPI melaksanakan program-programnya untuk mengembangkan pembangunan daerah dan membantu setiap kebutuhan masyarakat lokal/sekitar sesuai prosedur yang ditetapkan oleh negara penerima dan perusahaan. CSR yang dilakukan disini bersifat berkelanjutan (sustainability) yang memberikan manfaat dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan di satu sisi, dan di sisi lain CSR memberikan citra positif untuk perusahaan dan menciptakan kondisi yang kondusif, sehingga sektor produksi tidak terganggu guna meningkatkan pendapatan perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini didapati bahwa CSR yang dilakukan oleh PT. CPI di Kecamatan Minas, Riau, bersifat absolute gains atau hubungan yang saling menguntungkan bagi pihak yang terlibat, seperti masyarakat, negara penerima maupun PT. CPI. Kata kunci: PT. Chevron Pacific Indonesia, Negara Penerima, Masyarakat Minas (Riau), Hubungan Transnasional, Corporate Social Responsibility