KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI CANGKUANG VI KABUPATEN BANDUNG
Main Author: | Hasanah, Atu Uswatun |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19369 |
Daftar Isi:
- Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Cangkuang VI Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya tuntutan peningkatan kinerja terhadap seluruh guru yang ada di Indonesia yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Kinerja guru merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Pendidikan dinyatakan berkualitas tinggi apabila guru bekerja mengacu pada visi, misi,tujuan, sasaran, dan target pendidikan. Berdasarkan latar belakang yang memuat beberapa permasalahan yaitu; Masih terdapat guru yang kurang disiplin, Kesulitan dalam menerapkan pembelajaran model tematik, Belum adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran, Kurang mampu menggunakan Teknologi Informasi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan teori kinerja Mithcell dalam buku yang berjudul “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja” (2001:5) yang di dalamnya terdiri dari lima dimensi kinerja yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan,studi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan informan dilakukan dengan cara melakukan komunikasi secara langsung ataupun dengan cara tanya jawab dengan pihak-pihak sebagai informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, kemudian diperiksa keabsahan datanya menggunakan teknik Triangulasi sumber sebelum disajikan atau disimpulkan, bertujuan untuk mengecek kebenaran data atau informasi yang diperoleh peneliti dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Cangkuang VI Kabupaten Bandung masih kurang baik, karena masih kurangnya kesadaran guru dalam hal kedisiplinan kerja dan masih kurangnya kemampuan guru dalam menguasai teknologi informasi, padahal guru dituntut agar selalu mengembangkan kemampuanya demi meningkatkan kinerjanya yang merupakan modal bagi keberhasilan pendidikan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Cangkuang VI Kabupaten Bandung belum optimal. Berdasarkan dimensi-dimensi kinerja yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi masih berjalan kurang maksimal. Karena profesi guru memberikan layanan kepada masyarakat dan anak didik, maka diperlukan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta kemampuan yang selalu berkembang.