Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) berbasis Online di Kota Bandung
Main Author: | Khairunnisa, Alifa Firda |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19323 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung yang melakukan sebuah inovasi dan penerapan e-government dalam salah satu produk layanannya yaitu penerbitan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) berbasis online di Kota Bandung melalui aplikasi bernama e-Punten. Akan tetapi dalam pelaksanaannya yang kurang lebih hampir 2 tahun, masih banyak permasalahan yang ditemui seperti permasalahan sistem, keterlambatan penyelesaian berkas, serta ketidaksesuaian jumlah SKTS yang diterbitkan dengan jumlah pendaftar SKTS berbasis online. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terkait bagaimana Kualitas Pelayanan dalam Penerbitan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) berbasis online yang sudah dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Teori yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini yaitu Dimensi Kualitas Pelayanan berbasis online Penulis menggunakan landasan teori yang dikemukakan oleh Gregory Breeolles yang menyatakan ada 5 dimensi kualitas pelayanan berbasis elektronik dengan skala netQualI yaitu Information, Ease of use, Site design, Reliability dan Security/privacy. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literature, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) berbasis online di Kota Bandung sudah dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung akan tetapi dari segi pelayanan berbasis online yang disuguhkan kepada pengguna layanan belum dapat dinilai berkualitas baik. Hal ini dikarenakan belum terpenuhinya sebagian besar dimensi kualitas pelayanan berbasis online sebagai landasan penilaian baik atau buruknya Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Dimensi yang belum terpenuhi adalah dimensi Ease for Use, Site Desain dan Reliability.