Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum - Cibeureum

Main Author: Kamil, Sifa Fajrin
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19289
Daftar Isi:
  • ini ditujukan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai apakah variabel kualitas pelayanan, yaitu: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan, yaitu: loyalitas, membayar lebih, respons eksternal dan respons internal pada Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum. Adapun latar belakang penulisan ini didasarkan pada observasi dan wawancara penulis yang menemukan beberapa indikasi masalah yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum, yaitu: belum tersedianya jalur khusus Trans Metro Bandung (buslane) yang dipisahkan dengan lalu lintas lainnya, kondisi semua shelter di koridor 2 yang kotor dan tidak terawat, pelanggan naik dan turun tidak di shelter yang telah ditentukan, penjualan tiket di dalam bus dan fasilitas keselamatan dan kenyaman di dalam bus masih minim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (observasi, wawancara, angket dan dokumentasi) dan studi literatur (kepustakaan). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling aksidendal dan jumlah sampel adalah 90 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum memiliki pengaruh yang positif signifikan. Berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum adalah sebesar 22,2% dan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Trans Metro Bandung Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum