Kualitas Pelayanan Izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPPT) Kota Jambi

Main Author: Rolas, Putri Sholeha
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/19157
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Izin Tanda Daftar Perusahaan di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Jambi”. Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah lamanya proses pembuatan izin serta terdapat keluhan bahwa adanya praktik calo dan pungutan liar dalam pembuatan izin tersebut dimana hal itu tidak sesuai dengan standar pelayanan. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Di Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Jambi selaku pihak yang berwenang dalam pembuatan izin tersebut. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto (2005) yang terdiri dari Sikap Petugas, Prosedur, Waktu, Fasilitas dan Biaya Pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket, studi pustaka dan observasi non-partisipan. Angket dibagikan kepada 95 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan di dimensi waktu dan biaya pelayanan yang masih belum terpenuhi dengan baik. Sehingga permasalahan pelayanan perizinan di BPMPPT masih sering terjadi. Dalam mengatasi hal tersebut, diperlukan beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Jambi, yaitu adanya sistem perizinan berbasis elektronik, meningkatan pengelolaan kualitas dan kuantitas sumber daya yang dimiliki oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Jambi, meningkatkan pelayanan perizinan secara cepat, akurat dan transparan, serta peningkatan pengawasan terhadap proses pelayanan perizinan agar terdapat peningkatan kualitas pelayanan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kota Jambi.