Efektivitas Program Berbasis E-Government di UPT Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung (Studi pada Program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat))

Main Author: Triomulya, Yogy
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18980
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Efektivitas Program Berbasis E-Government di UPT Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung (Studi pada Program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat))”. Latar belakang penelitian ini adalah program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota Bandung sejak Oktober 2013 yang dikelola oleh UPT Pelayanan Pengaduan Masyarakat yang terintegrasi dengan 70 SKPD dan 30 Kecamatan dan berbasis E-government di Kota Bandung belum berjalan efektif. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya aspek pelaksana, aspek target, aspek lingkungan dan aspek proses. Belum efektifnya program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dilihat dari masih banyaknya laporan atau pengaduan yang di proses melanggar batas waktu sesuai dengan SOP (Standart Operacionating Procedure) yang telah ada. identifikasi masalah yang penulis jawab kemudian adalah “Bagaimana Efektivitas Program LAPOR!(Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) oleh UPT Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung?” Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas Kebijakan dari Riant Nugroho. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada 6 informan ini dengan menggunakan model Rossman dan Rallis. Teknik keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program LAPOR!(Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) belum dilaksanakan secara optimal karena kontribusi dari para pihak pelaksana atau pengelola program dinilai belum terlalu memuaskan karena masalah pendisposisian laporan yang masuk dan penjawaban pelaporan yang masuk masih cukup banyak pelaporan yang melewati batas waktu sesuai dengan SOP nya. Tidak tercapainya tujuan yang pertama dari program LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat). Pada lingkungannya yang siap hanya lingkungan internal, sedangkan untuk lingkungan eksternal itu masih belum siap. Dilihat dari tanggapan atau respon yang diberikan dari pihak eksternal masih ada yang belum sesuai pada saat memberikan laporan atau pengaduan dan pihak eksternal disini yaitu masyarakat merasakan masih lamanya respon yang diberikan dari pihak implementor program. Pada prosesnya masih tidak merata sosialisasi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Kota Bandung sehingga menyebabkan masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai program LAPOR! (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat).