KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN PERBATASAN TERINTEGRASI BUSWAY (APTB) JURUSAN PORIS PLAWAD-GROGOL

Main Author: Permatasari, Ika Putri
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18798
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Jurusan Poris Plawad - Grogol. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai kualitas pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Jurusan Poris Plawad - Grogol, yaitu tidak tersedianya wadah untuk menampung saran ataupun keluhan dari para penumpang, ketersediaan halte transit yang belum memadai, bus APTB yang masih sering mengalami mogok di jalan, dan jarak antar kendaraan yang belum tepat waktu.Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari James A. Fitzsimmons dan Mona J. Fitzsimmons yang menyatakan bahwa untuk mengukur kualitas pelayanan dapat diidentifikasi melalui empat dimensi kualitas pelayanan yaitu dari fasilitas pendukung, sarana, pelayanan eksplisit, dan pelayanan implisit. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan kuntitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui penyebaran angket kepada 100 responden. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan skala likert untuk pengolahan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kualitas pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Jurusan Poris Plawad - Grogol, secara umum belum sepenuhnya pelayanan dilaksanakan dengan baik. Hal ini terjadi karena masih banyak indikator dari tiap dimensi diatas yang belum diberikan oleh pihak APTB. Namun kedepannya pihak APTB berjanji agar hal-hal yang belum terpenuhi diatas dapat segera diwujudkan demi kenyamanan para penumpang.