PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BANTARGEBANG DENGAN PUSKESMAS BOJONG RAWALUMBU KOTA BEKASI

Main Author: Prianti, Atik Hayu
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18740
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai perbandingan efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bantargebang dengan Puskesmas Bojong Rawalumbu Kota Bekasi. Adapun latar belakang penelitian ini, penelliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai efektivitas pelayanan kesehataan di Puskesmas Bantargebang dan Puskesmas Bojong Rawalumbu Kota Bekasi, yaitu pencatatan dan pelaporan data pasien yang belum diselesaikan tepat waktu, sarana dan prasarana yang belum mencukupi dan memadai dalam menunjang pelayanan, waktu pelayanan Puskesmas tidak sesuai aturan, perilaku pegawai Puskesmas yang belum baik dalam membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan.Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari Paul D. Epstein yang menyatakan bahwa untuk aspek-aspek yang mempengaruhi efektivitas pelayanan dapat ditentukan melalui empat aspek efektivitas pelayanan yaitu Measures Of Community Conditions, Measures Of Service Accomplishments, Measures OF Citizens or Client Satisfaction and Perceptions, Measures Of Unintended Adverse Impact Of a Service On The Community. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian perbandingan melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan angket. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah seluruh pegawai Puskesmas Bantargebang dan Puskesmas Bojong Rawalumbu Kota Bekasi, sedangkan untuk masyarakat/pasien menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah responden 98 untuk masing-masing Puskesmas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan skala likert untuk pengolahan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Bantargebang Kota Bekasi lebih efektif dibandingkan dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas Bojong Rawalumbu Kota Bekasi. Hal ini disebabkan oleh saranan dan prasarana yang tersedia masih kurang memadai dan mencukupi dalam menunjang pelayanan kesehatan, ketepatan waktu pelayanan Puskesmas tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, belum ramahnya pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pasien/masyarakat, serta kebersihan dan kenyamanan Puskesmas yang belum terjaga dengan baik.