EFEKTIVITAS PELAYANAN ANGKUTAN PERBATASAN TERINTEGRASI BUSWAY (APTB) RUTE BEKASI PULO GADUNG OLEH PERUM PENGANGKUTAN PENUMPANG DJAKARTA (PPD)
Main Author: | Dimitra, Dwina Reflie |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18699 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Efektivitas Pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Rute Bekasi – Pulo Gadung Oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai pengoperasian bus APTB tidak sesuai dengan jadwal operasional yang telah ditentukan sebelumnya pada Standar Prosedur Operasional (SPO), bus APTB tidak memasuki halte yang telah ditentukan, jarak waktu ( headway) tidak sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) sudah ditetapkan sebelumnya, tidak ada petugas “on board APTBâ€, di bagian dalam bus tidak tersedia pelayanan resmi informasi bagi pengguna APTB berupa nomor telepon pengaduan dan halte -halte APTB yang sudah didirikan belum dapat dipergunakan. Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisa tingkat efektivitas pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) rute Bekasi – Pulo Gadung Oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari Paul D. Epstein yang menyatakan bahwa ada empat dimensi dalam efektivitas pelayanan yaitu pengukuran terhadap kondisi masyarakat, pengukuran terhadap pencapaian dalam pelayanan, pengukuran terhadap kepuasan atau persepsi pengguna jasa, dan pengukuran terhadap dampak negatif yang tidak diinginkan. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian skripsi adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Efektivitas Pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Rute Bekasi – Pulo Gadung Oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), secara umum belum efektif. Hal ini terjadi karena dalam aktivitas pelayanan masih ditemukan beberapa permasalahan dari setiap dimensi diatas. Namun kedepannya Perum PPD berjanji agar hal-hal pelayanan yang belum terpenuhi akan segera diwujudkan demi kenyamanan dan keamanan para penumpang.