KUALITAS PELAYANAN PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG (PIB / DOKUMEN BC 2.0) DI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN A BANDUNG

Main Author: Fitridawati, Suci
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18680
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSkripsi ini menggambarkan hasil penelitian mengenai Kualitas Pelayanan Pemberitahuan Impor Barang (PIB/Dokumen BC 2.0) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung. Adapun permasalahn yang penulis temukan yang menyangkut kualitas pelayanan Pemberitahuan Impor Barang. Seperti, keluhan-keluhan pengguna jasa mengenai kinerja pegawai saat memberikan pelayanan, kesigapan pegawai dalam melayani pengguna jasa, serta konsistensi kerja saat memberikan pelayanan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang menguji dengan cara mengumpulkan data kemudian disusun dan dianalisis untuk memperoleh gambaran mengenai masalah yang dihadapi pada saat penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan diperkuat dengan penyebaran angket. Adapun dalam penentuan sample penulis menggunakan teknik Sampling Insidental kepada 12 pengguna jasa yang mendaftar sebagai orang yang menerima layanan PIB. Selanjutnya untuk menganalisis data hasil penelitian penulis menggunakan skala likert.Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Pemberitahuan Impor Barang (PIB/Dokumen BC 2.0) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung dilihat dari dimensi-dimensi pokok kualitas pelayanan secara keseluruhan dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan berdasarkan dimensi-dimensi pokok kualitas pelayanan memiliki skor akumulasi 492 dan berada pada kategori sedang. Ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan belum dilaksanakan dengan baik berdasarkan dimensi-dimensi pokok kualitas pelayanan dan masih perlu ditingkatkan kembali, hal tersebut terlihat dari masih adanya responden yang menyatakan tanggapan negatif terhadap dimensi-dimensi pokok kualitas pelayanan yang dihasilkan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Kualitas Pelayanan Pemberitahuan Impor Barang (PIB/Dokumen BC 2.0) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung, belum dilaksanakan dengan baik. Dari hasil analisis data, hasil penelitian Kualitas Pelayanan Pemberitahuan Impor Barang (PIB/Dokumen BC 2.0) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung akan meningkat jika dilaksanakan sesuai dengan enam dimensi kualitas pelayanan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemberitahuan Impor Barang (PIB/Dokumen BC 2.0) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung disarankan meningkatkan kualitas pelayanan seperti peningkatan sarana dan prasarana serta kemampuan pegawai dalam mengatasi masalah yang di ajukan oleh pengguna jasa.