KUALITAS PELAYANAN PEMBERIAN ALIH STATUS IZIN TINGGAL SEMENTARA MENJADI IZIN TINGGAL TETAP BAGI TENAGA KERJA ASING (TKA) DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS JAKARTA SELATAN
Main Author: | Putri, Anggi Miranda |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18667 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan Pemberian Alih Stataus Izin Tinggal Sementara Menjadi Izin Tinggal tetap Bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai kualitas pelayanan alih status izin tinggal sementara menjadi izin tinggal tetap bagi TKA, yaitu keterlambatan penyelesaian KITAP, pegawai yang tidak fasih berbahasa inggris, belum ada petugas yang menangani keluhan masyarakat dan kurang fasilitas pendukung yang disediakan oleh Kantro Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari Agus Dwiyanto yang menyatakan bahwa untuk mengukur kualitas pelayanan dapat diidentifikasi melalui lima dimensi kualitas pelayanan yaitu dari sikap petugas, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, fasilitas pelayanan, dan biaya pelayanan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara kepada informan (Kepala Bidang Lalu Lintas Dan Status Keimigrasian, Kepala Seksi Status Keimigrasian, Tenaga Kerja Asing yang sedang mengajukan alih status izin tinggal sementara menjadi izin tinggal tetap, Agen yang membantu TKA dalam mengurus Alih status Izin Tinggal Sementara Menjadi Izin Tinggal Tetap). Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi dengan sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kualitas pelayanan Alih Status Izin Tinggal Sementara Menajdi Izin Tinggal Tetap Bagi Tenaga Kerja Asing Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, secara umum belum sepenuhnya pelayanan dilaksanakan dengan baik. Hal ini terjadi karena petugas pelaksana pelayanan di bidang Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan ini masih banyak yang tidak lancar berbahasa inggris, sedangkan diketahui di bagian ini hampir seratus persen masyarakat yang mendapatkan pelayanan merupakan Warga Negara Asing (WNA), selain itu fasilitas pendukung pelayanan seperti lahan parkir yang kurang dan kursi yang disediakan diruang tunggu yang tidak dapat menampung semua pemohon yang datang membuat suasana pelayanan menjadi tidak nyaman, selain itu fasilitas alat bantu pelayanan seperti mesin inquiry yang lebih sering mati, lalu masih belum adanya kepastian waktu dalam penyelesaian KITAP ini.