KUALITAS PELAYANAN JASA RAWAT INAP KELAS III BAGI PASIEN PEMEGANG KARTU JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KELAS B KABUPATEN SUBANG
Main Author: | Raharja, Septian |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18641 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Jasa Rawat Inap Kelas III Bagi Pasien Pemegang Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B Kabupaten Subang. Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini adalah adanya fakta dan data yang penulis temukan pada saat melakukan observasi awal dan hasil wawancara yang menunjukan belum optimalnya pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit pada pasien rawat inap kelas III pemegang kartu jamkesmas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifanalisis dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi : wawancara, observasi, dan angket. Adapunteknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling incidental dengan jumlah responden 40 orang yang diambil dari pasien jasa rawat inap kelas III pemegang kartu jamkesmas. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan lima alternative jawaban (sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju). Kemudian data yang diperoleh dari hasil angket dipaparkan dengan cara ditabulasikan, dan dianalisis berdasarkan teori Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima dimensi yaitu : sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini bahwa kualitas pelayanan jasa rawat inap kelas III pasien pemegangkartu jamkesmas di rumah sakit umum daerah (RSUD) kelas B Kabupaten Subang sudah sesuai dengan lima dimensi kualitas pelayanan berdasarkan teori Agus Dwiyanto. Namun demikian masih ditemukan adanya kekurangan yaitu kebersihan di ruang rawat inap kelas III, jumlah perawat yang belum ideal, terlambatnya dokter dalam melakukan pemeriksaan terhadap pasien, waktu jam besuk yang sering terlambat