PENGUKURAN KINERJA PADA PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO)
Main Author: | Nurati |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18630 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Pengukuran Kinerja Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan penulis mengenai upaya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam hal mengukur kinerja perusahaan yang lebih efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan bagaimana pengukuran kinerja PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan.Penelitian ini mengacu pada teori Moeheriono, bahwa beberapa aspek yang mendasar dan paling pokok dari pengukuran kinerja yaitu menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi; merumuskan indikator kinerja dan ukuran kinerja; mengukur tingkat capaian tujuan dan sasaran organisasi; dan mengevaluasi kinerja. Metode penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Mayer dan Greenwood, yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive.Pengukuran Kinerja PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan dengan mengadopsi pendekatan Balance Scorecard. Dari hasil penelitian menunjukkanbahwa indikator-indikator yang digunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam melakukan pengukuran kinerja belum optimal dengan apa yang dibutuhkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Hal ini karena adanya ketidakcocokan antara pengukuran kinerja yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan pengukuran kondisi kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Kep-100/MBU/2002.