KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN MAJALENGKA KEPADA PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS)
Main Author: | Purwana, Syifa Garliyawati |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18596 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Majalengka kepada peserta program Jamkesmas. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Majalengka kepada peserta program Jamkesmas, yaitu kurangnya jumlah bagian paramedik perawatan yang tidak sebanding dengan jumlah pasien yang harus diberikan pelayanan, kurangnya tenaga dokter spesialis, serta kurangnya pemahaman pasien peserta program Jamkesmas mengenai ketidaklengkapan administrasi pasien-pasien. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan teori dari Bambang Istianto yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan publik harus memiliki prinsip-prinsip seperti kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan yang merata serta ketepatan waktu. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara kepada informan (Direktur RSUD Kabupaten Majalengka, Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RSUD Kabupaten Majalengka, Dokter, Perawat, Apoteker, serta Peserta JAMKESMAS RSUD Kabupaten Majalengka). dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi dengan sumber, teori dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan RSUD Kabupaten Majalengka kepada peserta program Jamkesmas sudah baik. Karena sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kualitas pelayanan menurut Bambang Istianto dan telah dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Jamkesmas tahun 2011.