KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) TERMINAL DI TERMINAL LEUWIPANJANG KOTA BANDUNG

Main Author: Ridadi, Muchammad
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/18554
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan dari pelayanan yang diberikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal kepada Perusahaan Otobus (PO) yang beroperasi mencari penumpang di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti pada masalah kondisi Terminal Leuwipanjang yang sudah kurang memadai dalam menyelenggarakan pelayanan jasa terminal. Seiring dengan perjalanan waktu, pelayanan jasa terminal di Terminal Leuwipanjang kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota sehingga pengguna jasa merasa lumrah dengan pelayanan jasa terminal yang tidak meningkat bahkan cenderung menurun. Maka sudah sepatutnya Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan upaya peningkatan kualitas layanan jasa terminal khususnya di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan jasa terminal yang diberikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung, mengetahui kepuasan Perusahaan Otobus (PO) yang mendapat pelayanan jasa terminal, dan mengetahui proses pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal di Terminal Leuwipanjang dalam upaya meningkatkan kepuasan Perusahaan Otobus (PO) yang beroperasi di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Untuk mengukur kualitas pelayanan jasa terminal oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung, peneliti menggunakan teori dimensi kualitas pelayanan dari Agus Dwiyono, yaitu sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan. Metode penelitian dalam penulisan penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan lapangan (observasi, wawancara, dan angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dengan jumlah sebanyak 39 responden. Data yang diperoleh dari angket ditabulasikan berdasarkan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung sudah berjalan cukup baik namun belum optimal. Dilihat dari dimensi Fasilitas, masih banyak yang perlu dibenahi seperti kurangnya luas lahan, kondisi fisik jalur lintasan bus, serta kebersihan dan kenyamanan di dalam Terminal Leuwipanjang perlu ditingkatkan.