Daftar Isi:
  • Haninda Risbayanti Sukma, 210103150150, 2018. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Pelayanan Customer Care Produk IndiHome Dalam Menangani keluhan Pelanggan Pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional III Jawa Barat”. Dosen pembimbing Drs. Pramono Benyamin, M.Pd. Program Diploma III Hubungan Masyarakat peminatan Komunikasi Bisnis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pelayanan dan strategi dalam memenuhi kepuasan pelanggan pada produk IndiHome yang dilakukan Customer Care pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional III Jawa Barat, selain itu untuk mengetahui proses pelayanan yang dilakukan dan keluhan yang terjadi pada produk IndiHome dan cara menanganinya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif dan tiknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan ditunjang dengan studi pustaka. Hasil penulisan menunjukan bahwa pelaksanan pelayanan dan strategi dalam memenuhi kepuasan pelanggan yang dilakukan Customer Care PT Telekomunikai Indonesia Regional III Jawa Barat sudah baik, dan strategi yang dilakukan untuk memenuhi pelanggan yaitu dengan cara melakukan survei kepuasan pelanggan dan selalu berinovasi dalam mengembangkan teknologi. Proses pelayanan yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan standar prosedur yang ada. Keluhan yang terjadi pada produk IndiHome karena lamanya pemasangan IndiHome, terjadinya gangguan, tagihan mahal, dan perubahan layanan. Cara penanganan keluhan ini memanfaatkan fasilitas 147, aplikasi MyIndiHome, dan plasa. Berdasarkan hasil penulisan, penulis memberikan simpulan dan saran saran kepada PT Telekomunikasi Indonesia Regional III Jawa Barat divisi Customer Care unit Customer Relationship Management. Sebaiknya Customer Care lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan kepada pelanggan, serta perlu dilakukannya pengawasan oleh pihak manajemen secara langsung dalam proses pelayanan. Dan pelaksanan pelayanan keluhan pelanggan le ditingkatkan lagi, dan cepat tanggap untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi, supaya pelanggan tidak meminta cabut layanan IndiHome.