ETIKA PRAKTIK PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM
Daftar Isi:
- Putri Intan Ewie Syafitri. 210110140218. 2018. “Etika Praktik Product Placement dalam Film”. Di bawah bimbingan Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Utama dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotatif, konotatif, dan mitos pada praktik product placement dalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis teks, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah adegan yang menampilkan sisipan produk sponsor dalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna denotatif menjadi pengabur ketika makna dan konteks tidak saling berkaitan. Sedangkan makna konotatif menjadi pengabur ketika makna adegan yang disisipi iklan sponsor mengalami perubahan makna. Mitos menjadi pengabur ketika positioning produk yang ditampilkan tidak sesuai dengan fakta produk yang sebenarnya.