Daftar Isi:
  • Muhammad Yuka Afryantono, 210110140209, 2018, “Strategi Promosi Kawasan Pariwisata Kabupaten Pangandaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus mengenai Strategi Promosi Kawasan Pariwisata Kabupaten Pangandaran Melalui Akun Media Sosial Instagram Pegiat Pariwisata @explorepangandaran dan @berandapangandarran)”, Hadi Suprapto Arifin, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing utama dan Ilham sebagai pembimbing pendamping, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini bertujuan untuk memahami (1) Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Pangandaran melalui Akun @explorepangandaran dan @berandapangandaran, (2) Alasan Akun @explorepangandaran dan @berandapangandaran digunakan sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Penelitian ini melibatkan 9 (sembilan) informan yang dipilih secara purposif berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan wawancara mendalam dan observasi non-partisipan. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Para pegiat pariwisata menggunakan media sosial Instagram sebagai satu-satunya media dalam melakukan kegiatan promosi. Fitur explore untuk memperluas jangkauan promosi melalui penggunaan tagar (#)explorepangandaran dan (#)berandapangandaran. Melalui tagar ini kedua promosi dapat menghasilkan konten promosi (2) Akun @explorepangandaran dan @berandapangandaran merupakan akun promosi yang dikelola independen oleh pegiat pariwisata. Selain itu, kedua akun ini memiliki kelebihan dari segini engagement dibandingkan dengan akun promosi pariwisata lainnya.