Hubungan antara Penggunaan Media Instagram @explorebandung dengan Pemuasan Kebutuhan Informasi Followers mengenai Kota Bandung
Daftar Isi:
- ABSTRAK Delimaniati Bungsuna Manggala, 210110130171, 2017, Hubungan antara Penggunaan Media Instagram @explorebandung dengan Pemuasan Kebutuhan Informasi Followers Mengenai Kota Bandung. Dra. Kokom Komariah, M.Si sebagai pembimbing pertama dan Centurion C Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara penggunaan media instagram @explorebandung dengan pemuasan kebutuhan informasi followers. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dengan metode korelasional serta teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Jumlah sampel sebanyak 97 orang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara penggunaan media instagram @explorebandung dengan pemuasan kebutuhan informasi followers. Hal tersebut disebabkan oleh aspek penggunaan media instagram @explorebandung yang baik dan memiliki pengaruh terhadap perubahan sikap followers. Simpulan dari penelitian ini adalah hubungan antara penggunaan media instagram @explorebandung memiliki hubungan yang cukup berarti dengan pemuasan kebutuhan informasi followers. Berdasarkan simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar instagram @explorebandung untuk dapat memberikan keterangan lebih lengkap dan jelas pada setiap foto mengenai tempat-tempat wisata ataupun sudut kota di Bandung. Keterangan mengenai objek dalam sebuah foto dapat ditambahkan serta dengan caption yang lebih menarik, jadi tidak hanya me-repost foto pengguna instagram yang menggunakan tagar explorebandung (#explorebandung), serta jenis informasi yang ditampilkan ke dalam instagram @explorebandung dibuat lebih bervariatif, atau ditambahkan konten yang baru dan menarik untuk mendapat perhatian dari massa yang lebih banyak. Kata kunci: instagram, media sosial, kebutuhan informasi, pariwisata, Bandung.