Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku pencarian informasi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bandung dengan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo. Penelitian ini menguji hubungan dorongan kebutuhan, menciptakan perubahan dan aktivitas lingkungan dengan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo. Metode yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMKN 1 Bandung yang berjumlah 448. Penelitian ini menggunakan sampel 150 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku pencarian informasi Krikelas dan konsep pemanfaatan IT dari Thompson. Teknik analisis uji korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dorongan kebutuhan memiliki hubungan yang signifikan dengan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo, menciptakan perubahan memiliki hubungan yang signifikan dengan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo dan aktivitas lingkungan memiliki hubungan yang signifikan dengan media pembelajaran Edmodo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan perilaku pencarian informasi dengan pemanfaatan media pembelajaran Edmodo memiliki tingkat keeratan yang rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu Edmodo yang masih berfungsi sebagai tambahan/supplement dan keberagaman sumber belajar lain yang menunjang kegiatan pencarian informasi siswa di lingkungan SMKN 1 Bandung.