Pendapat Pasien BPJS Kesehatan Kelompok Bukan Penerima Bantuan Iuran Mengenai Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Main Author: Zulkarnain, Ridhalla Hadiska
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16731
Daftar Isi:
  • BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. Penilaian mutu pelayanan kesehatan perlu dilakukan untuk mengukur pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan dapat dinilai melalui 5 aspek mutu yaitu daya tanggap, kehandalan, jaminan, rasa peduli serta bukti fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan pada program BPJS Kesehatan di Rumah Sakit AMC. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung dan memberikan kuisioner pada pasien BPJS Kesehatan kelompok Bukan Penerima Bantuan Iuran di Rumah Sakit AMC. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 75,3% responden menyatakan baik pada dimensi daya tanggap, 95,7% menyatakan baik pada dimensi kehandalan, 100% menyatakan baik pada dimensi jaminan, 100% menyatakan baik pada dimensi rasa peduli dan 81,7% menyatakan baik pada dimensi bukti fisik. Simpulan dari hasil penilitian bahwa pendapat pasien mengenai mutu pelayanan kesehatan di poli gigi yang diberikan Rumah Sakit AMC untuk para pasien BPJS Kesehatan kelompok Bukan Penerima Bantuan Iuran sudah baik, namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki atau ditingkatkan agar pelayanan kesehatan yang diberikan lebih baik dan lebih bermutu.