PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP TEKNIK MENYIKAT GIGI PADA PENYANDANG TUNANETRA
Main Author: | M, Putri Tresna |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16680 |
Daftar Isi:
- Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Teknik Menyikat Gigi pada Penyandang Tunanetra – Putri Tresna -- 160110100078 ABSTRAK Tunanetra mempunyai keterbatasan indera penglihatan yang menyebabkan penyandang tunanetra kesulitan melakukan teknik menyikat gigi dengan benar, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya perubahan teknik menyikat gigi pada penyandang tunanetra setelah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian menggunakan metode pengambilan sampel simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang dengan karakteristik tidak menggunakan alat ortho cekat, tidak menggunakan gigi tiruan penuh, mengalami kebutaan total, dan tidak mengalami keterbatasan motorik. Data teknik menyikat gigi diperoleh dengan cara pengamatan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan form checklist. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebelum dilakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut, nilai minimum yang diperoleh dari pengamatan form checklist adalah 0 dan nilai maksimum adalah 7. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut, nilai minimum yang diperoleh dari pengamatan form checklist adalah 4 dan nilai maksimum 12. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perubahan teknik menyikat gigi penyandang tunanetra di Panti Sosial Bina Netra, Bandung sebelum diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Kata kunci :Tunanetra, teknik menyikat gigi, pendidikan kesehatan gigi dan mulut