Kinerja Pelayanan di Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Ditinjau dari Kepuasan Pasien
Main Author: | Alia, Andina |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16608 |
Daftar Isi:
- Kinerja Pelayanan di Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Ditinjau dari Kepuasan Pasien – Andina Alia – 160110090070 ABSTRAK Pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian dari pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pelayanan kesehatan bermutu bila penerapan seluruh unsur yang terlibat dalam pelayanan kesehatan dapat memuaskan pasien. Kualitas kinerja pelayanan kesehatan, salah satunya dapat diukur dari kinerja pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran kinerja pelayanan Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran ditinjau dari kepuasan pasien. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif melalui survei dan pengambilan sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 150 responden. Pengukuran dilakukan berdasarkan kriteria pada Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah (Kepmen PAN Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004) sehingga diperolah gambaran kinerja pelayanan berdasarkan kepuasan pasien. Hasil penilaian responden menunjukkan nilai unsur pelayanan adalah 3,13 dan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan adalah 78,25 dengan kategori B. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan di Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Unpad adalah baik. Kata kunci: Kinerja pelayanan, KEPMENPAN, Kepuasan Pasien