ANALISIS MARJIN PEMASARAN TAHU CIBUNTU DI KELURAHAN BABAKAN KOTA BANDUNG (Suatu Kasus Pengrajin Tahu Cibuntu di Kelurahan Babakan)
Main Author: | Shafira, Byelqist |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16500 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK BYELQIST SHAFIRA, 2019. Analisis Marjin Pemasaran Tahu di Kelurahan Babakan Kota Bandung. Dibawah bimbingan ETI SUMINARTIKA. Kandungan protein yang tinggi dengan harga yang terjangkau menjadikan tahu memiliki peranan yang penting bagi masyarakat. Meski demikian, melemahnya nilai tukar rupiah yang terjadi akhir-akhir ini menjadikan harga bahan baku tahu meningkat. Hal tersebut tentunya menjadi ancaman bagi pengrajin maupun konsumen karena dapat meningkatkan biaya produksi dan membuat kenaikan harga tahu. Dengan demikian, diperlukan pemasaran yang efisien agar perbedaan harga di pengrajin dan konsumen tahu tidak terlalu besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran tahu sehingga dapat diketahui saluran pemasaran yang paling efisien di Kelurahan Babakan Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengambilan sampel pengrajin dilakukan secara acak, sementara sampel lembaga pemasaran diambil dengan metode snowball sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang dianalisis secara matematik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tujuh saluran pemasaran yang digunakan untuk menyalurkan tahu ke konsumen. Saluran pemasaran yang efisien yaitu saluran pemasaran II dimana konsumen membeli langsung ke tempat produksi tahu, dengan total marjin pemasaran dan tingkat efisiensi masing-masing sebesar 15,60% dan 1,48%. Kata kunci: Kedelai, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran