FAKTOR FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN USAHA MINUMAN TRADISIONAL (Studi kasus di CV. Cihanjuang Inti Teknik, Cimahi, Jawa Barat)

Main Author: Adriani, Della
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16469
Daftar Isi:
  • DELLA ADRIANI. 2019. Faktor – Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Minuman Tradisional (Studi Kasus di CV. Cihanjuang Inti Teknik, Cimahi, Jawa Barat). Dibawah Bimbingan LUCYANA TRIMO. Minuman tradisional adalah minuman yang diracik menggunakan bahan – bahan yang alami dan berasal dari daerah yang memiliki bahan baku tradisional. Minuman tradisional bandrek salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Pada zaman sekarang, banyak perusahaan yang mendirikan industri pengolahan makanan dan minuman. Salah satunya CV. CINTEK, perusahaan yang mendirikan industri pengolahan minuman instan serbuk siap saji. Penjualan minuman tradisional CV. CINTEK meningkat setiap tahunnya, rata – rata meningkat hingga 5 – 8%. Minuman tradisional bandrek yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap hasil penjualan karena memiliki daya jual yang paling tinggi sebanyak 263.217 pack pada tahun 2017. Keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan usahanya dapat dilihat dari penjualannya yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya deskripsi dari keragaan usaha CV. CINTEK, teridentifikasinya faktor – faktor penyebab keberhasilan perusahaan dan terbentuknya solusi dalam mempertahankan keberlanjutan usaha yang ada. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif dan menggunakan alat analisis usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaan usaha CV. CINTEK meliputi sarana produksi, proses produksi dan pemasaran. Lalu faktor internal yang ada pada perusahaan terdiri dari organisasi, kualitas pelayanan dan pengalaman. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan tempat bekerja dan jaringan bisnis dengan pihak luar. Solusi untuk perkembangan perusahaan antara lain mengikuti perkembangan trend pasar yang sedang berkembang, memperluas jaringan pasar dan melakukan promosi.