MANFAAT INTERNET MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PUREE MANGGA (Studi Kasus pada CV. Promindo Utama di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon)
Main Author: | Mubarak, Rayhan Arfi |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16444 |
Daftar Isi:
- Penggunaan internet untuk aktivitas usaha Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih terbilang rendah, perlu disadari perkembangan teknologi internet telah banyak memberikan efisiensi dan efektifitas usaha UMKM. Salah satu UMKM yang baru menggunakan dan menanfaatkan internet sebagai alat pemasaran adalah UMKM CV Promindo Utama yang berada di Desa Losari, Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa jauh penggunaan internet, mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan internet marketing dan menganalisis manfaat internet marketing dalam meningkatkan pendapatan dan jumlah konsumen CV Promindo Utama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah CV Promindo Utama yang sudah menggunakan internet marketing sebagai alat pemasaran. Data primer dan data sekunder yang diperlukan, dikumpulkan dengan teknik wawancara dan pencataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Single program before-after. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa CV Promindo Utama sudah menggunakan internet sebagai alat promosi untuk memasarkan produknya melalui platform web, social media dan online shopping. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam penggunaan internet marketing adalah kurangnya ilmu terkait penggunaan internet, kurangnya tenaga kerja yang ahli dibidang teknologi dan kurang memadainya sinyal. Penggunaan internet marketing pada UMKM CV Promindo Utama bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan sebesar 13,7% dan meningkatkan jumlah konsumen sebanyak 25% .