Evaluasi Model Bisnis Specialty Coffee Java Preanger (Studi Kasus Kelomp[ok Tani Maju Mekar, Desa Nagarawangi, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang)

Main Author: Fathurrahman, Iqbal
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16293
Daftar Isi:
  • ABSTRAK IQBAL FATHURRAHMAN. 2017. EVALUASI MODEL BISNIS SPECIALTY COFFEE JAVA PREANGER (Studi Kasus Kelompok Tani Maju Mekar, Desa Nagarawangi, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang). Di bawah bimbingan PANDI PARDIAN, S.T., MBA. Konsumsi kopi di Indonesia saat ini semakin berkembang. Kelompok Tani Maju Mekar adalah salah satu produsen kopi spesialti di Jawa Barat yang dikenal sebagai salah satu produsen kopi di Indonesia. Sebagai produsen kopi yang relatif masih baru, Kelompok Tani Maju Mekar menghadapi berbagai permasalahan di tengah pasar kopi yang semakin ketat. Persaingan pasar kopi yang semakin ketat membutuhkan rangkaian strategi agar produk kelompok tani tersebut lebih dikenal di pasaran dan mampu menarik konsumen lebih banyak serta. agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya yang telah lebih lama bergerak di dalam pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model bisnis yang dijalankan oleh Kelompok Tani Maju Mekar dan mengevaluasi model bisnis yang dijalankannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis Business Model Canvas yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis dari Kelompok Tani Maju Mekar masih harus diperbaiki. Di dalam model bisnis kanvas yang telah dimodifikasi, perbaikan dan penambahan terjadi pada elemen customer segments, value propositions, channels, customer relationships, key resources, dan key partnerships. Hal ini bertujuan agar Kelompok Tani Maju Mekar dapat meraih keuntungan dan mempunyai keunggulan yang lebih dibandingkan pesaing-pesaingnya di tengah pasar kopi khususnya di Jawa Barat yang semakin ketat. Kata kunci: Kopi, Kelompok Tani Maju Mekar, Business Model Canvas.